Enjoy The True Aromatherapy

Falsafah body, mind and soul yakni mencapai keselarasan tubuh, pikiran dan jiwa, belakangan semakin populer di tengah kehidupan masyarakat moderen yang serba sibuk. Aromaterapi adalah salah satu metode pengobatan alami yang menganut falsafah itu. Aromaterapi berkhasiat menyehatkan tubuh, pikiran dan juga emosi. Karenanya aromaterapi banyak digunakan dalam berbagai metode perawatan kesehatan holistik dan juga dipakai untuk perawatan kulit/kecantikan secara alami.

Aromaterapi dilakukan melalui 3 jalur, yakni penciuman, penyerapan kulit dan pencernaan. Namun penggunaan melalui jalur pencernaan (dikonsumsi) sangat jarang dilakukan, dan harus dibawah pengawasan seorang aromatologist. Sementara pemakaian aromaterapi melalui penciuman merupakan cara yang paling efektif, cara ini pula yang pada awalnya dikatakan sebagai aromaterapi. Belakangan melalui berbagai penelitian, diketahui penggunaan aromaterapi melalui penyerapan kulit juga sangat efektif. Khasiat aromaterapi diperoleh melalui aroma dan zat aktif yang terdapat dalam minyak esensial.

Aromaterapi ‘yang sebenarnya’ haruslah menggunakan minyak esensial alami (pure essential oil) yang berasal dari tumbuhan. Di pasaran banyak terdapat minyak esensial sintetis dengan aroma yang mirip dengan minyak esensial asli, ini terutama ditemui pada jenis minyak esensial yang berasal dari bunga seperti melati, mawar dan lavender. Namun Anda tidak akan mendapatkan manfaat aromaterapi dari minyak esensial sintetis ini, malahan bisa menjadi racun karena minyak esensial sintentis mengandung bahan kimia. Perlu diingat, aromaterapi adalah pengobatan menggunakan bahan-bahan alami yang berasal dari saripati tumbuhan.

Sumber:
Aromaterapi, perawatan alami untuk sehat dan cantik
Oleh Dr. Rachmi Primadiati

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s