Beda Budaya, Beda Rasa

Suatu malam, dalam perjalanan KRL AC yang membawaku pulang ke Bogor, kududuk terjaga tak bisa tidur. Meski nyaman di atas kursi empuk, tapi udara di dalam kereta terasa menusuk tulang. Kantuk pun dibuat hilang mendadak. Huh, dua jam waktu tidurku telah disabotase!

Aku yang sedang ‘mati gaya’ akhirnya mulai memperhatikan hal-hal ngga penting di sekitarku: wajah para pekerja commuter yang kelelahan, seorang penumpang yang asyik bertelepon dengan suara keras, gerbong kereta yang tetap padat, meski saat itu sudah pukul 9 malam, dan tanda-tanda peringatan yang bertebaran di dinding gerbong kereta, dalam bahasa Jepang. Maklum, KRL AC yang aku tumpangi ini adalah hibah dari negara Jepang.

Aku tidak paham betul arti dari tulisan-tulisan itu, tapi ada beberapa yang kumengerti karena disertai gambar. Setidaknya ada dua macam rambu, yaitu soal tata cara penggunaan berbagai perlengkapan di dalam kereta, misalnya pintu, jendela, tuas darurat, dan etika saat berada di dalam kereta. Salah satunya adalah petunjuk tempat duduk khusus atau courtesy seat, diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan kaum lansia. Di sebelahnya, ada tanda peringatan untuk mematikan hand phone jika penumpang berada dekat dengan area courtesy seat tersebut. “Wah, sebegitu beretikanya ya masyarakat Jepang ini,” batinku takjub.

Tiba-tiba saja pikiran ngawur melintas di kepalaku, “Kalau soal rambu-rambuan begini sih kereta milik Indonesia harusnya juga ngga kalah banyak.” Hanya saja, semua bakal senada bunyinya, “DILARANG!”

Begini nih rinciannya: Dilarang naik ke atas atap, dilarang corat-coret tembok, dilarang membuang sampah sembarangan, dilarang mengambil properti dalam kereta, dilarang mengambil barang milik orang lain (copet-red), dilarang berdiri terlalu rapat dengan lawan jenis (pelecehan-red)…. Hmmm apa lagi ya?

*Masih berpikir mencari ide*

Iklan

2 pemikiran pada “Beda Budaya, Beda Rasa

  1. dilarang merokok, dilarang naik tanpa tiket, dilarang ngamen, dilarang menggoda kondektur, dilarang bunuh diri dari kereta..(juga mikir ide lain..)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s