Aromaterapi Tak Sekedar Wangi

IKLAN: klik di sini untuk membeli aneka essential oil alami untuk keperluan aromaterapi.

Aromaterapi bukan hanya monopoli spa dan salon, berbagai produk kesehatan, penyegar ruangan, sabun sampai pembersih lantai juga menggunakan istilah ini sebagai penglaris bisnis. Demi memperoleh khasiat aromaterapi yang sebenarnya, Anda harus cermat membedakan mana yang asli dan tidak. Salah-salah, malah racun yang didapat.

***

“Mbak saya mau pijat, tapi saya bawa minyak sendiri,” ucap seorang wanita pelanggan spa di Bogor, sambil menyerahkan sebuah botol kaca bening berisikan minyak beraroma apel segar. “Ini saya beli di pameran, harganya Rp 7.000,” katanya lagi. Ada tulisan pada label badan botol: Aromaterapi, Apel dan Essential Oil.

Si terapis tak berani gegabah, ia lantas berkonsultasi pada atasannya. Dari kemasannya saja, si empunya spa curiga ini bukan essential oil melainkan fragrance oil alias minyak esensial sintetis. Alasannya, pertama, essential oil seharusnya disimpan dalam botol kaca berwarna gelap, sebab unsur-unsur yang terkandung dalam minyak esensial mudah rusak oleh sinar matahari dan panas. Kedua, minyak apel tidak dapat dihasilkan secara alami, kalau pun ada harganya pasti amat mahal.

Kejadian seperti di spa tadi, banyak terjadi di sekitar kita. Minyak esensial sintetis dikiranya minyak esensial alami, seperti minyak strawberry, green tea, lili, lotus atau vanilla. Padahal dari sisi harga saja, sudah tidak masuk akal. Ambil contoh minyak esensial vanilla, kalau pun ada, harganya pasti mahal dan biasanya dilarutkan dalam minyak jojoba dengan kadar 3% saja.

Dr. Rachmi Primadiati, ahli aromaterapi dan herbal, dalam bukunya Aromaterapi Perawatan Alami untuk Sehat dan Cantik menjelaskan bahwa minyak esensial sintetis diperoleh dengan cara melarutkan bahan kimia aromatik yang sangat keras ke dalam pelarut sintetis yang beracun. Bisa dibayangkan jika zat beracun itu dioleskan ke seluruh tubuh sehingga kemudian diserap oleh tubuh? Selain beracun, minyak esensial sintetis juga tidak memiliki khasiat aromaterapi sama sekali. Ia hanya menduplikasi bau, bukan unsur aromatiknya yang justru bermanfaat untuk pengobatan.

Jadi Penglaris

Aromaterapi didefinisikan oleh Jan Kusmirek, seorang pakar aromaterapi, sebagai penggunaan minyak esensial untuk mempengaruhi pikiran, tubuh dan jiwa, baik secara fisiologis maupun emosi. Lantaran khasiat pengobatannya itu maka aromaterapi bukan sekedar wewangian biasa, melainkan terapi wewangian menggunakan minyak esensial alami.

“Sayangnya masyarakat belum mendapat edukasi yang baik dan benar tentang aromaterapi,” jelas Rina Poerwadi, praktisi aromaterapi holistik.

Maklum, bisnis ini lebih didasarkan tren dengan konsep copy cat. Istilah “aromaterapi” menjadi sangat komersial dan jadi “penglaris” dagangan. “Padahal minyak esensial sintetis tidak ada efek pengobatannya sama sekali dan toksik,” tambah Rina. Efeknya malah bisa sakit kepala, sesak nafas, gatal maupun iritasi. Aromaterapi yang asli, mutlak memakai minyak esensial alami dari tumbuhan.

Minyak esensial sejatinya merupakan saripati tumbuhan hasil ekstraksi bagian-bagian tumbuhan, seperti bunga, daun, batang, rimpang dan akar, yang menghasilkan unsur aromatik tertentu. Bentuknya lebih cair dibandingkan dengan minyak nabati dan mempunyai ciri khusus, yakni memiliki aroma yang khas dan mudah menguap pada suhu kamar tanpa mengalami dekomposisi.

Cara mengecek keaslian minyak esensial, cukup diteteskan di kertas. Minyak yang asli tidak akan meninggalkan bekas karena amat mudah menguap, kecuali pada minyak esensial berwarna gelap seperti nilam atau benzoin, dan yang kental seperti akar wangi atau cendana.

Selain minyak esensial sintetis, kita perlu berhati-hati terhadap minyak esensial palsu yang dibuat dengan cara melarutkan minyak esensial ke dalam alkohol, minyak nabati atau bahan pelarut lain. Ada pula minyak esensial rekonstruksi, yakni hasil penggabungan beberapa bahan kimia sehingga memiliki komposisi sama dengan minyak aslinya.

Life Force dalam Aromaterapi

Aroma wangi menyebar di ruangan berukuran 3 X 4 m itu. Di dalamnya, sejumlah wanita mengendus-endus sebatang cotton bud yang telah dibubuhi setetes minyak esensial. “Nyaman dan tenang, seperti dipeluk dalam dekapan seorang ibu,” ujar seseorang di antaranya, saat membaui aroma chamomile oil atau Anthemis nobilis. ”Segar dan gembira, rasanya menyenangkan hati,” ujar seorang lainnya, saat menggambarkan kesan aroma orange oil atau citrus sinensis.

Begitulah suasana sesi pengenalan aromaterapi yang diadakan Rina Poerwadi Holistic Aromatheraphy di Jakarta. Para peserta kursus diwajibkan mengenali berbagai jenis minyak esensial dari aromanya, berikut perasaan yang ditimbulkannya.

Aromaterapi memang bekerja amat efektif melalui indera penciuman, terutama untuk mempengaruhi perasaan. Orange oil misalnya, dapat membuat Anda merasa seksi dan easy going, membangkitkan kreativitas, rasa humor dan kegembiraan. Sementara rose oil paling tepat meredakan depresi, rasa frustrasi, marah hingga trauma.

Sementara itu, di atas meja tampak deretan botol-botol kecil berwarna gelap, terbuat dari kaca, berlabel aneka nama latin tumbuhan yang namanya kurang familiar, semisal Lavandula angustifolia, Melaleuca alternifolia, Mentha piperita atau Salvia sclarea. Pencantuman nama Latin merupakan salah satu ciri minyak esensial yang asli dan alami, selain label pure essential oil yang artinya minyak esensial alami dan murni. Namun tentunya ini sangat tergantung pada kejujuran produsennya.

Selain manfaat psikologis, aromaterapi juga memiliki khasiat fisik dan metafisik. Menurut Rina Poerwadi, kandungan senyawa kimia bekerja selayaknya obat-obatan, guna memperbaiki berbagai fungsi organ tubuh seperti sistem saraf, pernapasan, kardiovaskular, pencernaan, jaringan otot, kulit dan sebagainya. Sementara khasiat metafisik memberi pengaruh terhadap jiwa, seperti menebarkan perasaan cinta, pengertian, kejernihan pikiran, kedamaian dan sebagainya.

Zat aromatik dalam minyak esensial mudah menguap dan memiliki wangi yang khas. Dalam penjelasan Dr. Rachmi Primadiati, indera penciuman akan menangkap aroma ini dan meneruskan pesan elektrokimia ke susunan saraf pusat, lalu pesan akan diteruskan ke seluruh tubuh melalui sistem sirkulasi darah dan limfatik. Tandanya berupa pelepasan substansi neurokimia yang menimbulkan perasaan senang, rileks, tenang atau terangsang.

Dalam buku “Aromaterapi Perawatan Alami untuk Sehat dan Cantik” dijelaskan bahwa aromaterapi bekerja melalui tiga jalur yakni penciuman, penyerapan kulit dan pencernaan. Namun pengobatan aromaterapi melalui pencernaan, dengan cara diminum, hanya boleh dilakukan oleh ahli aromaterapi kedokteran (aromatologist).

Layaknya pengobatan alamiah lainnya, aromaterapi memiliki keunggulan life force yang memungkinkan bahan organik tumbuhan bekerja secara harmonis pada tubuh manusia tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan. Mekanisme pengobatan seperti ini merupakan anugerah alam yang tidak ditemukan pada pengobatan kimiawi.

Apabila proses ekstraksi tumbuhan dilakukan secara hati-hati maka life force atau kekuatan hidup yang terdapat dalam tumbuhan dapat terjaga, yakni unsur kimia dan fisik tumbuhan yang tak berubah berikut energi dan harmoni di dalamnya. Walhasil, aromaterapi dapat bekerja secara holistik menyehatkan tubuh, pikiran dan jiwa Anda.

Rina Poerwadi menekankan, aromaterapi merupakan terapi komplementer yang menggabungkan ilmu kedokteran dan ilmu herba, sehingga sinergi keduanya dapat memberikan hasil yang maksimal dalam proses penyembuhan. “Apabila dokter menangani level fisik, maka aromaterapi akan mengambil level spiritual dan mentalnya,” katanya. Malahan berbagai penyakit fisik diketahui kerap disebabkan oleh ketidakseimbangan pada tingkat mental dan spiritual.

Satu kilogram versus satu mililiter

Di negeri kita, ada yang menyebut minyak esensial sebagai minyak asiri. Dan Indonesia merupakan salah satu penyuplai minyak asiri terbesar di dunia, terutama jenis minyak nilam atau patchouli oil, minyak daun cengkeh atau clove leaf oil dan minyak pala atau nutmeg oil.

Sejumlah kecil minyak esensial merupakan hasil penyulingan dari ratusan kilogram bagian tumbuhan. Misalnya, 10 ml minyak pala dihasilkan dari 100 kg biji pala. Minyak esensial melati malah lebih dahsyat lagi, 1 kg kuntum bunga melati hanya menghasilkan 1 ml minyak melati. Begitu pun dengan minyak esensial mawar. Tak heran, harga dua jenis minyak esensial beraroma wangi ini teramat mahal yakni berkisar Rp 300.000 – Rp 500.000 per 10 ml.

Tentu saja kita patut curiga pada minyak mawar atau minyak melati yang dijual seharga beberapa puluh ribu rupiah per botol. Hampir pasti itu adalah minyak esensial sintetis.

Harga minyak esensial memang relatif mahal, lantaran proses produksinya tidak mudah dan butuh biaya besar. Bahan bakunya juga mahal, seperti bunga mawar dan melati atau kayu cendana. Belum lagi persoalan minimnya ketersediaan bahan baku. Karena itu produksi umumnya dilakukan dalam skala besar.

Minyak esensial umumnya, sekitar 80%, diproduksi dengan teknik penyulingan. Teknik ini kebanyakan dipakai pada bahan baku daun, tangkai, kulit kayu, akar dan rimpang, serta beberapa jenis bunga.

Ahli minyak asiri yang mantan peneliti di Balai Tanaman Rempah dan Aromatik (Balittro), Ir. Sofyan Rusli menjelaskan metode penyulingan dilakukan dengan menggunakan uap panas, bersuhu 100 derajat celcius atau lebih, guna mengeluarkan bahan aromatik dari bahan baku tumbuhan. Tahapannya dimulai dengan memanaskan air untuk menghasilkan uap panas yang akan menarik bahan aromatik dari bahan baku. Uap air yang mengandung bahan aromatik tersebut kemudian diembunkan, selanjutnya tinggal memisahkan minyak esensial dari air.

Ada beberapa metode ekstraksi lain, seperti ekstraksi pelarut yang digunakan pada bahan baku dengan kandungan minyak esensial rendah, seperti bunga mawar dan melati. Metode ini memakai bahan pelarut seperti alkohol, heksana atau benzena untuk menarik bahan aromatik. Sedangkan minyak esensial jenis citrus menggunakan teknik cold expression, dengan cara memeras kulit buah hingga mengeluarkan bahan aromatik.

“Namun pada teknik ekstraksi pelarut dan cold expression perlu ada serangkaian proses lanjutan lain, sebelum mendapatkan hasil akhir berupa minyak esensial,” ujar Sofyan.

Aromaterapi adalah metode pengobatan alami yang telah teruji khasiatnya melalui berbagai penelitian. Bahkan beberapa institusi kedokteran di sejumlah negara maju sudah memiliki kurikulum perawatan aromaterapi tersendiri yang disebut aromatologi, yakni ilmu yang mempelajari kedokteran aromatik. Aromaterapi memang bukan sekedar wewangian biasa.

Boks 1

Aplikasi Aromaterapi

Minyak esensial bersifat concentrate sehingga pemakaiannya hanya butuh beberapa tetes.

• Inhalasi : 4 tetes essential oil dalam 1-2 liter air panas, lalu hirup uapnya.

• Vaporizer: 2-5 tetes essential oil dalam tungku pemanas, untuk menyegarkan ruangan.

• Berendam: 3-5 tetes essential oil dalam bak perendam.

• Pijat: 10-15 tetes essential oil dalam 30 ml minyak nabati.

Boks 2

Tips Mengenali Minyak Esensial Asli

Cara paling akurat mengetahui keaslian minyak esensial ialah melalui pemeriksaan kromatografi gas. Mirip seperti pemindai sidik jari untuk mengetahui komponen dan kemurnian minyak esensial. Hanya saja biayanya lumayan mahal yakni berkisar Rp 300.000 sampai Rp 500.000.

Berikut ini tips sederhana mengenali minyak esensial asli:

• Tidak meninggalkan bekas pada kertas, kecuali pada jenis essential oil yang berwarna pekat dan kental.

• Harga perbotol ukuran 10 ml berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung jenisnya.

• Mencantumkan nama latin tumbuhan atau botanical name pada label.

• Dikemas dalam botol kaca berwarna gelap.

• Aromanya lebih lembut dan tidak menyengat, jika dibandingkan minyak sintetisnya.

Note: Versi penyuntingan dari tulisan ini dimuat dalam majalah Intisari edisi Mei 2011.

Cari tahu profil dan khasiat aneka essential oil di sini Salvia Aromatik


Iklan

43 pemikiran pada “Aromaterapi Tak Sekedar Wangi

  1. Dimana beli esensial yang asli? Saya tinggal agak dipelosok Gak ada spa ditempat saya 🙂 Udah ngubek-ngubek internet, tapi takut salah beli. Mbak LB jualan tah? Kalo iya saya pesan dong mbak…

    • Alo terimakasih sudah mampir 🙂

      Mencari essensial oil asli di Indonesia memang gampang-gampang susah, paling banyak di Jakarta. Mba bisa mampir ke Gaya Spa di Jl.Wolter Monginsidi atau ke Rina Porwadi Holistic di daerah Kemang. Btw, mbak tinggal di mana?

      Aku ada jual beberapa jenis essential oil, kebutuhan mbak minyak apa?

  2. Ping balik: Aromaterapi Bukan Sekedar Wangi « Marun Rumah Aromaterapi

  3. Ping balik: Marun Rumah Aromaterapi

  4. Ping balik: Apakah Minyak Angin Aromaterapi itu? « Minyak Angin Aromaterapi FLOSH

  5. Ping balik: Obati Flu dengan Cara Alami « Minyak Angin Aromaterapi FLOSH

  6. Ping balik: Produsen Minyak Angin Aromaterapi « Minyak Angin Aromaterapi FLOSH

    • Halo mba, maaf untuk esensial oil jasmine (alami) saya tidak ada. Essential oil alami bunga-bungaan yang saya jual hanya lavender, sisanya lebih banyak rempah. Kalau untuk aroma bunga-bungaan saya hanya menjual yang sintetisnya atau fragrance oil.

  7. Ping balik: Minyak Angin Aromatherapy FLOSH | The True Aromatherapy « Minyak Angin Aromaterapi FLOSH

  8. maaf..kalu mau pesan bgaimana caranya? saya mau pesan yang lavender,, per 10ml brp harganya?trus saya ngehubunginya lewat apa?makasih

    • Halo mba Erni,
      Harga lavender 10 ml Rp 56.000 mba, cuma kalau untuk delivery pemesanan minimal senilai Rp 150.000. Oya, barangkali mba mau coba, produk perawatan kulit seperti face oil 10 ml, hair oil atau body oil 100% bahan natural.

      Terimakasih

      • kalo seharga Rp 150.00 bs dpp brp ml? trus ongkir k jember atau probolinggo brp y?
        saya butuh bwt pijat bayi jd cari yg alami,,, d tempat saya susah dptnya. lebih banyak yg sintetis

      • Ibu mau pesan minyak pijat untuk bayi? kalau begitu, saya bisa buatkan khusus untuk ibu ukuran per-100 ml. Saya tidak menjual essential oilnya, tapi saya bisa buatkan minyak pijatnya langsung (aromaterapi) dengan bahan 100% alami ditambah essential oil. Atau kalau ibu mau mudah, seperti saran saya sebelumnya, ibu bisa pakai minyak nabati saja minus aromaterapi. Minyak zaitun murni mudah didapatkan di supermarket.

      • Halo mba Erni,

        Terimakasih sudah mampir ke blogku:) Mba mau pesan essential oil ya? Jenis apa?

        Berikut ini jenis essential oil yang ready stock (5 ml):

        1. Lavender oil Rp 39.000
        2. Peppermint oil Rp 42.000
        3. Rosemary oil Rp 60.000
        4. Tea Tree oil Rp 56.000
        5. Eucalyptus oil Rp 30.000
        6. Gapefruit oil Rp 41.000
        7. Lemon oil Rp 38.000
        8. Geranium oil Rp 120.000
        9. Jasmine 5% in jojoba oil Rp 123.000

        NOTE:
        Essential oil yang kami jual 100% alami dan tidak dicampur (kecuali Jasmine 5% dalam jojoba)
        Barang dikirim setelah pembayaran diterima via transfer
        Pemesanan barang via TIKI minimum order Rp 50.000,00
        Harga di luar ongkos kirim

        Terimakasih

  9. kalau seharga Rp. 150.000 dapat berapa ml? untuk ongkos kirim ke jember atau probolinggo berapa y?
    saya butuh untuk baby massage jd cari yg alami

    • Halo ibu,

      Penggunaan aromaterapi untuk bayi musti hati-hati.. konsentrasi essential oilnya hanya boleh di bawah 1%, plus jenisnya pun amat terbatas diantaranya chamomile. Saran saya, untuk pijat bayi cukup pakai minyak nabati saja bu seperti zaitun, minyak kedelai atau almond. Jika ingin menghangatkan bisa ditambah minyak fennel atau adas sedikit saja.

  10. Ping balik: Jadilah Konsumen Cerdas, Kenali Aromaterapi yang “Sebenarnya” « Marun Rumah Aromaterapi

    • Hair oil aromatherapy nya hanya 1 macam menggunakan coconut oil dan essential oils u menyuburkan rambut, melembutkan, mengatasi rontok dan ketombe. Pemesanan bisa via SMS ke 0838 7910 6535.

      Terimakasih

  11. Ping balik: Tungku Aromaterapi | Marun Rumah Aromaterapi

  12. Ping balik: Minyak Angin Aromatherapy Flosh, P3K Mabuk Perjalanan « Minyak Angin Aromaterapi FLOSH

  13. ass..mb saya boleh tahu ga kanungan essensial oil yg mb bikin yg melati n ros?krn saya berniat mau melakukan research yg brhubungan dg aromaterapi untuk mengurangi nyeri persalinan….n kira2 klu bikin sendiri (dg bantuan org labor tentuny)butuh brp byk bunga unt 30 ml ekstraknya?
    tq sebelumnya mb…..wassalam….

  14. Ass…mbak aku butuh ekstrak melati atau mawar atau lavender….tetapi yg murni tanpa campuran zat kimia karena tujuannya utk penelitian aromaterapi pada ibu bersalin…dmn aku bs dapatin mbak?aku tinggal di Padang…tq sebelumnya…..

  15. ass…mbak bisa ngak kita buat minyak pijat sendiri dengan campuran minyak esensial oil yang mbak jual,klo bisa minyak apa yang jadi bahan campurannya dan berapa perbandingannya

  16. mbak masih jual essential oil yg tea tree sama peppermint? Kalo ada tolong email ke saya ya, terima kasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s