Menguatkan Otot Kemauan

Beruntungnya aku, sering dapat buku bagus gratisan! Baik berupa pemberian atau pinjaman ๐Ÿ˜‰

Salah satu buku gratisan yang baru-baru ini aku baca berjudul WILLPOWER, karangan seorang psikolog bernama F. Baumeister. Buku tentang pengembangan diri ini tidak bergaya memotivasi apalagi menceramahi, tetapi menyuguhkan serangkaian penelitian teruji yang melandasi asumsi dan argumen si penulis. Menarik!

Awalnya lantaran pekerjaan, aku ditugasi membuat cukilan buku tersebut untuk kolom di majalah Intisari. Tapi sebelum sampai ke pembaca, justru aku sendiri yang keduluan ambil untung ๐Ÿ˜€

Buku ini bercerita bagaimana faktor willpower (kemauan) sangat berperan dalam menentukan kualitas hidup seseorang. Ia ibarat otot yang dapat diperkuat dengan melakukan latihan-latihan secara kontinu. Cara mudahnya dimulai dari kegiatan harian yang mewajibkan kita untuk mendisiplinkan diri. Semakin berat godaan dan tantangannya maka semakin besar pula willpower yang dihasilkan.

Setelah membacanya, ada banyak hal yang menginspirasiku sehingga mulai menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ada sejumlah daftar kegiatan yang coba aku disiplinkan antara lain bangun pagi, olah raga, pola makan sehat, shalat dsb. Dalam bukunya sendiri, salah satu bentuk latihan penguatan willpower adalah dengan senantiasa menjaga punggung dalam keadaan lurus, baik pada saat duduk atau berdiri. Sederhana banget ya!

Sebetulnya aku sudah mulai menerapkan pola disiplin itu sejak cukup lama dan sudah merasakan pula penguatan willpower itu. Tapi semangatnya masih naik-turun bin maju-mundur ๐Ÿ˜‰ Setelah baca buku ini jadi paham dan bisa menjalaninya dengan lebih khidmat karena tahu manfaatnya.

Hebatnya lagi, menurut buku, latihan penguatan willpower pada satu aspek akan berimbas pada keseluruhan aspek kehidupan kita.ย  Dan itu juga yang aku rasakan. *Bukan advertorial apalagi pesanan sponsor ๐Ÿ˜‰

Selain itu, masih ada lagi pemahaman spiritual yang aku dapat. Rupanya itulah hikmah dari kewajiban shalat lima waktu dalam agama Islam. Itu pula sebabnya mengapa Shalat Tahajud mempunyai keutamaan begitu besar. Bangun jam 3 pagi buta, melawan godaan bantal dan selimut, tentu butuh perjuangan ekstra!

Nah, berikut ini isi cukilan buku “Willpower Rediscovering Human Strength. Semoga bermanfaat!

Iklan

2 pemikiran pada “Menguatkan Otot Kemauan

    • Alo julian,

      Bagaimana ya kasih sarannya? Sebetulnya sih sederhana yang penting ada NIAT. Pertama, tetapkan target dan tujuan, buat rencana konkritnya lalu lakukan dengan disiplin dan konsisten.

      Nanti awal Januari saya akan posting versi lengkap cukilan buku WILLPOWER itu, mudah2an bisa mendapat inspirasi dari sana.

      Soalnya saat ini materinya masih embargo. Semangat yaa ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s